Sabtu, 22 Januari 2011

pengukuran kerusakan hp

Tahapan pengukuran apa saja...?


Dari penjelasan pertanyaan sebelumnya, bahwa sifat dari regulator adalah: 1. ada sumber tegangan, 2. ada perintah, lalu regulator dapat mendistribusikan tegangannya. Maka dalam melakukan pengukuran tahapan yang kita ukur sebagi berikut:

* Ukur tegangan keluarannya (tegangan yang diberikan regulator ke rangkaian yang membutuhkannya)
* Ukur tegangan masukannya (tegangan utama regulator)
Ukur tegangan perintahnya.


Arus dan Tegangan
Muatan listrik yang bergerak kita sebut sebagai arus listrik. Besar dari arus listrik dapat didefinisikan sebagai banyaknya muatan yang melewati suatu tempat persatuan waktu. Arus listrik dinyatakan dengan lambang Idan satuannya adalah Ampere atau disingkat dengan A. Didalam suatu rangkaian, arus listrik dapat didefinisikan sebagai muatan listrik yang bergerak di dalam sambungan atau dalam komponen, dimana arus listrik akan mengalir terus menerus di dalam sistem elektronika yang sedang aktif. Jika pada suatu rangkaian tidak terdapat arus listrik maka rangkaian sistem elektronikapun tidak akan berfungsi.




Muatan pada arus listrik disebut tegangan. Besar dari tegangan didefinisikan sebagai banyaknya elektron yang terdapat pada muatan listrik. Tegangan listrik biasa disebut voltase, satuannya adalah Volt atau disingkat dengan V.

Battery Ponsel pada umumnya mempunyai tegangan sebesar 3.7 Volt dan mampu memberikan Arus listrik DC maksimal sebesar 700 mili Amper (mA). Mungkin anda pernah mengalami, sebuah ponsel dengan battrey kondisi penuh, seharusnya Battery akan tahan selama 2 hari, akan tetapi pada ponsel tersebut Batterynya malah hanya mampu bertahan 3-4jam saja. Permasalahan seperti ini dapat disebabkan karena rangkaian/mesin Ponselnya terdapat konsleting atau biasa disebut Short.

Sebaliknya, apabila kita mendapat ponsel yang mati total, lalu disaat kita ukur ternyata tidak terdapat arus sama sekali. Kita dapat mengetahui bekerja atau tidaknya suatu rangkaian cukup dengan mengetahui konsumsi arusnya. Apabila disaat kita ukur ternyata arusnya tidak ada, maka dapat dipastikan rangkaian tersebut tidak berfungsi.

Alat apa yang kita gunakan untuk mengatahui konsumsi Arusnya?

Dipasaran sudah banyak beredar Power Supply yang sudah mempunyai Amper Meternya, selain lebih mudah digunakan, Power Supply ini dapat memberikan tegangan sesuai dengan yang kita butuhkan.

koreksi....ya......?

Tidak ada komentar: